21/01/2017

Pengertian Jenis dan Fungsi RAM

Pengertian Jenis dan Fungsi RAM - Pasti Banyak diantara Kalian yang Sudah Mengetahui atau Mengenal RAM(Random Access Memory). 

RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).Isi  dalam RAM akan hilang ketika power komputer dimatikan. Chip RAM dalam motherboard  komputer  menjaga  data  dan  program  yang  sedang diproses oleh mikroprosesor.RAM adalah memori yang menyimpan data yang sering digunakan untuk memepercepat pengambilannya oleh prosesor.Semakin besar RAM yang dimiliki sebuah komputer, semakin  banyak  pula  kapasitas  yang dimiliki komputer untuk menyimpan data dan memproses file dan program yang berukuran  besar.  Jumlah  dan  tipe  memori  dalam sistem dapat menjadikan perbedaan yang besar dalam performa sistem  komputer.Beberapa program memiliki ketentuan memori  yang  lebih  daripada  program  lainnya.
Pengertian Jenis dan Fungsi RAM
RAM DDR1

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang bertugas untuk menyimpan data. RAM bersifat sementara artinya data yang tersimpan dapat terhapus. Beda halnya dengan ROM, ROM mempunyai tugas yang sama dengan RAM akan tetapi ROM bersifat permanen dalam artian data yang tersimpan tidak bisa kita hapus. RAM merupakan jenis memory yang isinya dapat ganti-ganti selama komputer itu hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.

Fungsi RAM

Seperti yang kita tahu,RAM berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara ketika komputer sedang beroperasi.kenapa komputer butuh RAM ?! jawabannya adalah ,saat Processor menjalankan tugas dari user,processor butuh yang namanya data untuk diproses.nah,jika data yang akan masuk kedalam processor itu tidak diorganisir dengan tepat maka data akan crash/terbaca lama oleh processor.sebetulnya,prinsip nya hampir sama ketika mobil hendak ingin masuk ke jalan TOL ,mobil harus melewati dulu yang namanya gerbang TOL.lha,digerbang TOL itu terjadi Transaksi atau bisa dikatakan sebagai pemrosesan data sementara jika digambarkan dengan RAM.dikarenakan Processor hanya mempunyai tempat penyimpanan sementara yang kecil,RAM dibutuhkan untuk mengelola dan menampung data sementara yang nantinya akan diproses oleh si Processor itu.
Baca Juga : Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Heatsink
                     Fungsi Masing-Masing Port di Back Panel

Jenis RAM dibagi Menjadi beberapa Kelas (berbasis CHIP) :

Static RAM (SRAM)

SRAM  relatif  lebih  mahal,  namun lebih  cepat  dan  dapat  menyimpan  data  ketika  komputer dimatikan  selama beberapa  periode  tertentu.  Hal  ini  akan  sangat  berguna  dalam  kondisi  seperti kehilangan  power/daya  yang  tidak  diharapkan  terjadi.  SRAM  digunakan  untuk memori cache.Proses pembuatannya menggunakan teknologi CMOS

Dynamic RAM (DRAM)

DRAM mempunyai Harga yang Lebih Murah ketimbang SRAM.namun,dibalik harganya yang murah.DRAM mempunyai Banyak Kekurangan seperti DRAM berjalan lebih lambat ketimbang SRAM.DRAM membutuhkan power supply yang tidak terganggu untuk menjaga data agar tidak hilang. DRAM menyimpan data dalam kapasitor kecil yang harus di refresh untuk menjaga data agar tidak hilang.Proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (non-volatile RAM)

Jenis SRAM yang memiliki catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga dapat menyimpan daya walaupun komputer dimatikan. Memiliki fungsi untuk menyimpan  jam, waktu, kalender, program setup, dan konfigurasi komputer.

FRAM (ferro electric RAM)

Jenis SRAM yang tidak memerlukan satu daya listrik atau baterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.

RAM berbasis CARD antara lain :

EDO RAM (extended data output RAM)

Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memory 8 Mb sampai maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Menggunakan kemasan SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin

SD RAM (synchronous dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1,2, dan 3. Kecepatan bus memory ini berkisar pada frekwensi 66 Mhz sampal 133 Mhz, atau disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), jumlah penyemat memory 168 pin.

DDR RAM (double data rate RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) memiliki banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang berdasarkan bandwidth ketika beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memory itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), dengan jumlah penyemat memory 184 Pin

DDR dual channel RAM

Jenis memory ini tidak seperti pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memory RD RAM (rambus dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Di samping itu, khusus untuk penggunaan memory RDRAM harus ada penambahan dua pasang memory terminator untuk mendukung memory standar PC 2700/3200/4000, dengan tawaran clock antara 500 sampal 800 Mhz.

Twister DDR dual channel RAM

Memory tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang menandakan bahwa memory ini bisa digunakan pada dual channel mainboard

SODIMM RAM

Memory yang biasa digunakan untuk kelas server maupun notebook.Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat lebih menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO-DIMM biasanya sejalan dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO-DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

Demikian Hanya itu yang dapat saya bahas tentang Pengertian Jenis dan Fungsi RAM,kurang lebihnya mohon maaf.

Tags :
Pengertian Jenis dan Fungsi RAM
Jenis-Jenis RAM
Fungsi RAM