14/03/2017

Belajar Sistem Bilangan dan Sistem Komputer Dasar

Sistem Bilangan Pada Sistem Komputer - Sistem bilangan adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik.Sistem bilangan menggunakan basis ( base/ radix ) tertentu yang tergantung dari jumlah bilangan yang di gunakan.Konsep dasar sistem bilangan,senantiasa mempunyai Base (radix), absolute digit dan positional (place) value.
Sistem Bilangan Pada Sistem Komputer
Sistem Bilangan Pada Sistem Komputer
Pada dasarnya Sistem komputer adalah jaringan elemen-elemen yang saling berhubungan,berbentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dan sistem tersebut.

Tujuan Pokok dari Sistem Komputer adalah mendapatkan dan mengolah data untuk di proses sehingga menghasilkan Informasi/Output.

Agar Tujuan dari Sistem Komputer tadi dapat tercapai,maka dibutuhkan elemen-elemen yang mendukung tujuan tersebut.

Elemen-elemen tersebut adalah Hardware,Software,dan Brainware.

  • Hardware (Perangkat Keras)

Hardware adalah komponen yang secara fisik dapat dilihat,dipengang/dijamah.Contoh : Keyboard,Mouse,dsb

  • Software (Perangkat Lunak)

Software adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Ada tiga bagian utama dari software : 

a.  Sistem operasi : DOS, Linux, Windows, dan Mac. 
b.  Bahasa pemrograman : Visual Basic, C++, Pascal, Java, dan Visual C. 
c.  Aplikasi : MS Office, Antivirus, Winamp, dan Mozilla.

  • Brainware

Brainware adalah  manusia  yang  terlibat  dalam  mengoperasikan  serta  mengatur sistem komputer atau bisa dikatakan sebagai User (Pengguna).

Ketiga Elemen tersebut saling berhubungan dan Berkaitan Erat.contoh mudahnya adalah Jika tidak ada hardware,Sotware akan dapat dioperasikan dengan apa ?,otomatis brainware juga tidak bisa mengoperasikan apa-apa !

Pengenalan Sistem Bilangan pada Komputer

Satuan Pada Memory Komputer

Sebelum Belajar Sistem Bilangan,Akan saya jelaskan mengenai,apa itu "byte" yang merupakan satuan yang melambangkan kapasitas memory.

Semakin bertambahnya usia dunia.Semakin maju dan canggih pula peradaban manusia di muka bumi ini.Contoh mudahnya adalah,kemampuan komputer.Komputer pada zaman sekarang dapat mengolah data hingga hitungan picosecond.

Selain itu ,komputer juga memiliki memori yang dibentuk dalam satuan byte.Untuk memahami satuan byte bisa dilihat pada tabel dibawah ini. :

Sistem Bilangan

Sistem bilangan adalah Suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik.Sistem bilangan digunakan dalam pengoperasian suatu mesin digital.Sistem bilangan tersebut adalah sistem Biner,Oktal,Desimal,  dan  Heksadesimal.Masing - masing bilangan mempunyai sejumlah lambang bilangan tertentu yang disebut Radix.Radix  adalah  banyaknya  suku  angka  atau  digit yang dipergunakan dalam suatu sistem bilangan. 

Sistem bilangan BINER mempunyai radix 2 
Sistem bilangan OKTAL mempunyai radix 8 
Sistem bilangan DESIMAL mempunyai radix 10 
Sistem bilangan HEKSADESIMAL mempunyai radix 16 

Biner

Bilangan Biner biasanya dilambang dengan ^2 (pangkat 2).Yang artinya hanya ada 2 Bilangan Bulat.Semua bilangan bulat dimulai dari 0.jadi , hanya ada 0 dan 1 dalam bilangan Biner.Biasanya Bilangan Biner terdiri dari 4 digit,tapi juga bisa lebih.Namun,jika ada operasi logika yang mempunyai output 4 maka dikonversi menjadi 0100.
Contoh : 7^2 = 0111

Oktal

Sama dengan Bilangan Biner,Bilangan oktal juga memiliki pembatas dan lambang yang tentu berbeda.Lambang dari Bilangan Oktal adalah ^8 (pangkat 8).Bilangan Oktal juga dimulai dari 0,yang berarti Bilangan Oktal hanya bisa sampai 7 .Diatas 7 harus dikonversi.

Desimal

Tentu,kita tak asing dengan bilangan ini.bilangan ini memiliki lambang yaitu ^10 (pangkat 10),yang berarti hanya ada 0-9.Jika bernilai 10,ya tak harus mengkonversi.karena bilangan desimal mencakup semua angka dari 0 hingga 9.Jika ingin Angka 10,tinggal mengambil 1 dan 0.

HexaDesimal

HexaDesimal memiliki Lambang ^16 (pangkat 16).angka yang dicakup dari bilangan hexadesimal adalah,0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A,B,C,D,E,F .Yang berarti jika bernilai 10 = A
tags : 
Belajar Sistem Komputer Dasar
Belajar dan Pengenalan Sistem Bilangan pada Sistem Komputer
Elemen-Elemen Pendukung Sistem Komputer