07/03/2017

Belajar Variabel Pada JavaScript

Belajar Variable Pada JavaScript - yak, kali ini... Kita akan belajar JavaScript Paling Dasar yaitu Variable,Variable sendiri digunakan untuk mendeklarasikan/memberi nama suatu nilai yang akan kita masukkan.Sebelum belajar variable,saya akan memberitahu tentang komentar.Bagi teman-teman yang belum paham apa itu komentar,komentar adalah intruksi atau tulisan yang kita buat.Tapi, tidak tereksekusi di web browser.
Jadi komentar hanya bisa dilihat si user ketika user membuka/mengedit file tersebut dengan text editor.

Variable mempunyai banyak fungsi dan manfaat.Contoh suatu kasus kita ingin memasukkan nilai "198765457689654029" .Dengan variable kita tidak perlu copas atau menulis angka seperti diatas.Kita cukup menulis nama variable yang ingin kita masukkan.

Nah,sudah tau kan keuntungan variable ! , Masih bingung?! Jadi ,saya kasih contoh lagi... Kita akan memberi nama suatu variable nomer induk dengan angka 198765457689654029.Lah ,kita akan memasukkan nilai tersebut.Tanpa memasukkan kembali nomer/angka diatas.Kita cukup memasukkan nama variable yang kita buat,yaitu, nomer induk.Dari pada pusing kalian memikirkannya,oke langsung saja kita akan praktekkan cara variable.πŸ˜†πŸ˜†

Belajar Variable JavaScript Dasar

1).Pertama Kita buat file Html terlebih dahulu,bila belum paham html anda bisa belajar di blog ini.contoh belajar.html disini saya menggunakan text editor Atom.Untuk anda yang bingung ingin memilih text editor yang baik.Sobat bisa klik disini
2).Lalu,diantara tag body ketik <div id="wrapper"></div> dan <script> </script> seperti dibawah ini... Lalu,bagian yang saya blog sebagai opsional itu boleh dihapus atau ditulis.
3).Ketiga,tulis seperti gambar dibawah ini.
//Text Javascript
//1.----metode innerHTML = menampilkan statement di layar--
document.getElementById('wrapper').innerHTML = "Saya Belajar Javascript";
//2.--------------------------Variable---------------------
var x = 1234567890
document.getElementById('wrapper').innerHTML = x;
!!! bagian yang saya awali dengan // itu merupakan contoh komentar.Silahkan Coba bagian pertama dan inputkan di antara tag <script></script> lalu nomer 2 dan gabungkan seperti gambar dibawah.
catatan (keterangan gambar) !!! jika kita menginginkan input berupa tulisan harus diawali dengan ""; dan jika integer/nilai berupa angka semata langsung boleh seperti gambar diatas namun akhiri dengan ; (kesalahan penulisan gambarπŸ˜†).lalu,nama tulisan berwarna putih itu adalah nama variable seperti x di atas.dan satu id hanya dapat menerima 1 perintah dalam konteks sama dari javascript.
4). Save Lalu Lihat Hasilnya,hasilnya akan menjadi seperti ini...
Hanya itu yang dapat saya jelaskan tentang Belajar Variable Pada JavaScript harap dimaklumi bila ada kesalahan !!! bingung,bisa tanya pada komentar πŸ‘